Well, and Come... :)

Rabu, 20 Juli 2011

Kiat untuk Menjadi Resensator Andal

Judul Buku                 : Dasar-Dasar Meresensi Buku
Pengarang                  : Daniel Samad
Penerbit                      : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta
Tahun                         : 1997, Cetakan I 1997
Jumlah Halaman        : 83 halaman



Dasar-Dasar Meresensi Buku adalah buku buah pena Daniel Samad, seorang editor sekaligus wartawan di Majalah Industri Konstruksi di Jakarta. Melalui buku nonfiksi yang memiliki tebal 83 halaman ini, Danil Samad menyuguhkan informasi mengenai cara menjadi resensator yang andal. Dengan bekal pendidikan di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, jurusan Pendidikan dan Bahasa Indonesia, penulis memaparkan secara detail mengenai hakikat, dasar, dan tujuan resensi buku.
Buku yang dicetak pertama kali pada tahun 1997 ini menyajikan khazanah pengetahuan tentang meresensi buku, baik buku kumpulan cerpen, puisi, dan novel. Secara sistematis, penulis menguraikan masalah-masalah resensi ke dalam 5 bab, yaitu pengertian resensi, membuat pembukuan, cara merumuskan tubuh resensi, mengakhiri resensi, dan meresensi buku sastra.
Pada awal pembahasan mengenai pengertian resensi, penulis memaparkan tujuan, dasar-dasar, bahasa, kelebihan, dan pola tulisan resensi. Selain itu, buku ini juga mengulas mengenai langkah-langkah meresensi buku, cara merumuskan judul dan data buku, serta sudut pandang resensator terhadap nilai buku yang diresensi. Pada bab penjelasan mengenai membuat pembukuan, penulis memberi ulasan tentang cara memaparkan sosok dan kekhasan pengarang di bagian pendahuluan resensi, kiat dalam menggambarkan keunikan, tema, kelemahan, dan kesan resansator terhadap buku. Selain penjelasan tentang bagian pendahuluan resensi, penulis juga memaparkan teknik merumuskan isi/tubuh resensi secara apik. Menurut penulis Dasar-Dasar Meresensi Buku, setelah kita berhasil membuat judul dan pembukuan yang memukau, bukan berarti tubuh resensi tak perlu digarap dengan menarik. Kalimat yang terjalin rapi, beruntun, dan enak dibaca tetaplah dipertahankan. Untuk itu, kita perlu menata setiap paragraph yang dibangun. Pada akhir pembahasan, penulis juga memaparkan cara menyunting resensi yang telah dibuat dan kiat untuk meresensi karya sastra, misalnya buku novel, kumpulan puisi, dan cerpen.
Buku ini sangat menarik dan merupakan salah satu buku nonfiksi yang unggul. Penulis memaparkan teknik penulisan resensi secara sistematis, kritis, dan analitis. Semua penjelasan dipadupadankan secara apik dan dengan bahasa yang sederhana. Selain itu, buku ini juga dihiasi dengan karikatur lucu dan menarik yang memberikan gambaran visual kepada pembaca tentang gagasan yang ingin disampaikan oleh penulis. Karikatur yang ditampilkan sangat unik, sehingga buku ini mampu memanjakan mata pembaca, baik dari segi kualitas informasi yang diberikan, maupun hiburan visual yang disajikan. Di samping itu, di bagian akhir buku, penulis melampirkan alamat surat kabar dan majalah yang memuat kolom resensi sebagai referensi bagi resensator yang ingin karyanya dihargai secara finansial.
Tiada gading yang tak retak, tiada manusia yang sempurna, begitu pula dengan kemampuan penulis memaparkan gagasannya dalam buku ini. Buku ini belum mampu menjawab secara detail tentang cara meresensi buku non fiksi. Buku ini hanya memaparkan secara gamblang tentang teknik meresensi karya sastra dan buku fiksi.
Secara umum, buku Dasar-Dasar Meresensi Buku karya Daniel Samad termasuk buku yang unggul dan mampu menyajikan teknik-teknik meresensi buku secara sistematis, kritis, dan analitis. Buku ini dapat menjadi referensi bagi pelajar, pendidik, dan calon resensator andal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar