Well, and Come... :)

Rabu, 20 Juli 2011

Fisika is Easy

Albert Einstein, The King of Physic
Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata “coklat, konser band, atau bagi-bagi makanan gratis???” Pasti ada yang bilang….. mau….mau…. atau ikut….ikut…. mau banget donk,,,, ikutan yah,,,,plizzz,,,, (ich lebay banget,,hehheehe…)

Tapi APApun eksperesi, eh… ekspresinya (susah banget ngomongnya, eh nulisnya…) entah sambil jingkrak-jingkrak, guling-guling kayak kambing guling, gulung-gulung kayak dadar gulung, kaki di kepala, kepala di kaki, intinya…..jika suka sesuatu pastinya aura bahagia langsung terpancar dari wajah dan bola mata (ciyyyeee…).

BEDA gak klo kamu ditanya masalah pelajaran eksakta??? Misalnya fisika n kimia gitu??? Pasti gak ada yang jingkrak-jingkrak n berguling-guling (ada sich, naekkiya cuma segelintir,,,itu pun klo orangnya stress…)

Fisika n kimia memang diidentikkan dengan rumus-rumus yang dah dikali, dibagi, dikurang, dikuadrat, diakar, di daun, di batang (????), misalnya rumus jarak ini: s=vt+1/2at^2  

Gak susah KHAN???? (gak susah khan itu temannya shakh rukh khan ama salman khan, yah???)

Tidak  bisa dipungkiri kalo fisika itu adalah bagian hidup kita….  Misalnya kalo lagi jatuh cinta. Yang membuat sesuatu bisa jatuh karena adanya percepatan gravitasi (g) atau ada usaha yang dilakukan (w). saat jatuh, pasti ada kecepatan (v), n bisa menimbulkan tumbukan…. Sekarang, hitung besar tumbukan yang terjadi!!!!!!

Klo banyak siswa yang mengeluh Karena fisika itu sulit, mestinya mereka harus senang….. bayangkan saja,,,berapa besar otak kritis yang digunakan untuk memikirkan fenomena tersebut, berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk membiayai penelitian, berapa banyak nyawa yang dijadikan kelinci percobaan atau meninggal gara-gara resiko eksperimen???? Tentunya siswa tidak pernah memikirkan hal-hal tersebut.

So, apa alasannya sehingga kita harus menyukai dan menghargai fisika? Menurut buku yang saya baca….akronim PHYSIC dapat digambarkan seperti berikut…

Phenomenon. Perhatikan alam sekitar. Begitu indah dan teratur. Hukum-hukum fisika mampu menjelaskan fenomena-fenomena itu dengan akurat.

Happen. Setelah memerhatikan alam, biasakan untuk selalu bertanya, How could it happen? Bagaimana semua itu terjadi? Pupuklah sikap kritis dengan tak henti bertanya.

Yeach!! Ya, berteriaklah! Ekspresikan kegembiraan kalian, begitu menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang bergolak dalam pikiran.

Scientific. Peganglah teguh sikap ilmiah, karena dengannya kalian akan menjadi pribadi yang jujur dan adil dalam proses panjang meraih pengetahuan.

Implementation. Implementasikan pengetahuan kalian dalam aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, kalian berusaha menempatkan fisika bukan hanya sebagai mata pelajaran sekolah, namun juga sebagai ilmu yang bermanfaat besar bagi kehidupan.

1 komentar: